Lanjutan Posting, Menambah Backlink

Setelah blog atau website kita memiliki konten, yang harus kita lakukan adalah mengusahakan untuk mendapatkan backlink terlebih dahulu.
Berikut cara-cara menambah menambah backlink, baik cara yang halus maupun yang "kasar":
  1. Backlink/tautan balik yang baik adalah yang berasal dari halaman yang memiliki page rank yang tinggi (lebih tinggi dari blog kita) alias blog yang terkenal/seleb blog. Karena itu pastikan lebih dahulu blog yang hendak dikasih komen benar-benar blog yang bermutu dan memiliki pengunjung yang banyak.
  2. Jika hendak mengincar pengunjung dari negara lain, beri komen di blog yang terkenal di negara tersebut. Misal apabila pengen pengunjung dari negara-negara yang berbahasa Inggris, beri komen di blog-blog terkenal semacam CNN political ticker, GigaOM, Yahoo dan sebagainya. Atau jika kita ingin mendapat pengunjung di Indonesia, kita bisa komen di blog-blog para seleb blog seperti Yahoo Indonesia. Tidak usah bingung. Kalau sering buka internet dengan sendirinya akan banyak tempat yang akan anda kunjungi.
  3. Dan pastikan blog tersebut masih memiliki keterkaitan tema dengan kita. Namun tidak ada salahnya bila kita komen di blog yang tidak ada kaitannya dengan kita.
  4. Satu lagi, blog yang hendak kita beri komen tidak harus blog yang ber-AdSense juga. Kita bebas berkomentar di blog manapun yang kita inginkan karena kegunaan backlink adalah memperbanyak traffic dan page rank situs kita dan tidak ada hubungan langsung dengan AdSense.
Catatan: beberapa blog memiliki kriteria ketat untuk memasukkan komentar, karena itu harus benar-benar pintar berkomen agar komentar anda lolos. Ini diterapkan terutama pada blog-blog yang mengetengahkan tema-tema kontroversial.
A. KOMEN DI BLOG ORANG
Salah satu keunggulan blog dibandingkan sistem CMS lain adalah memungkinkan adanya komentar. Hal ini merupakan salah satu fitur yang bisa kita manfaatkan.
Berikut cara komen di blog orang lain:
  1. Bukalah halaman URL dari blog yang akan kita beri komentar.
  2. Jika bingung blog mana yang akan kita beri komentar, cari dari beberapa penyedia layanan blogging yang memberi ranking pada blog-nya, seperti BOTD dari Wordpress.com yang menyediakan blog-blog top dunia atau bisa juga lewat Yahoo.com
  3. Buka artikel dari salah satu blog yang ingin kita beri komentar.
  4. Isikan komentar di bagian bawahnya, isikan nama, email dan website (website ini yang paling penting karena akan menjadi backlink ke situs kita)
  5. Klik Submit Comment maka kita bisa melihat komentar kita tercantum di situ.
  6. Beberapa blog tidak memasang filter komentar, maka komentar akan langsung terlihat di halaman tersebut. Jika admin blog menerapkan filter maka tinggal menunggu hingga admin tersebut memvalidasi komentar kita.
B. IKUT KOMUNITAS
Sama halnya seperti di dunia nyata, agar kita dikenal orang bergabunglah dengan sebuah komunitas. Banyak komunitas online yang bisa dimanfaatkan untuk menambah backlink kita.
Bahkan seandainya kita sudah memiliki organisasi sendiri di dunia nyata, maka kita dapat membuat komunitas baru di dunia maya berdasarkan organisasi tersebut sehingga tidak perlu memanfaatkan komunitas yang telah ada.
Banyak komunitas yang bisa kita manfaatkan. Baik yang berbasis kedaerahan, nasional atau internasional. Setelah mendaftar di komunitas tersebut, biasanya akan mendapatkan sebuah kode HTML, yang bisa ditambahkan ke website kita. Seperti kampungblog.com


C. MEMBUAT SKINS/THEMES DARI CMS TERTENTU
Sebuah CMS atau blog engine (seperti WordPress, Drupal, dan sebagainya) pada umumnya ketika di-download hanya memiliki sedikit theme bawaan yang berakibat tampilan yang diperlihatkan dalam kondisi asli hanya yang "pas-pasan" saja.
Untuk mempercantik tampilan sebuah CMS khususnya CMS yang freeware banyak orang (programmer dan desainer) berlomba-lomba membuat skin yang bisa diterapkan ke CMS tersebut.
Apabila CMS tersebut menerapkan skin tertentu, maka pada bagian bawah halaman web di CMS tersebut akan bertuliskan pembuat skin yang bersangkutan. Ini merupakan kesempatan untuk membuat backlink.
Untuk membuat skin, kita harus memiliki beberapa keahlian, yakni desain CSS, HTML dan XHTML. (ah, banyak istilah yang tidak aku mengerti, cari informasi sendiri ya untuk singkatan-singkatan ini!?). Untuk CMS freeware, umumnya menggunakan PHP.
Di dunia, ada seorang blogger yang terkenal sebagai spesialis pembuat skin seperti Andreas Viklund dari Swedia. Dikarenakan banyaknya backlink dari pengguna theme yang dibuatnya.
Di Indonesia pun banyak blogger yang halaman-halaman blog-nya memiliki page rank yang tinggi gara-gara hobinya sebagai pembuat theme CMS tertentu, seperti WordPress dan Blogspot, sebut saja pak Sunaryo Hadi di Bandung, Isnaini di Yogyakarta dan sebagainya.




(Sebenarnya ada 5 pilihan yang dapat kita gunakan untuk membuat backlink. Maaf ya! Belum bisa untuk meneruskan. Anak perempuanku bangun! Insya Allah secepatnya!)



Komentar

  1. wah terima kasih infonya mas,,,
    Mampir ke situs saya ini mas..
    Http://setiamlm.com
    Setia mlm, kerja online hanya mengajak orang lain dibayar 5rb rupaih per referral..

    BalasHapus
  2. Ya. Sama-sama, tapi saya perempuan. Insya Allah untuk ke situs.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keluarga Sakinah